Thursday, September 12, 2013

Bahasa Jepang


 Hai teman-teman, jumpa lagi kita disini, semoga kalian tidak bosan iya berkunjung diblog saya ini. Nah untuk postingan kali ini, saya akan mencoba berbagi kepada anda tentang partikel dalam bahasa Jepang. Partikel dalam bahasa Jepang itu apa? Partikel yang saya maksud disini adalah sebutan untuk /wa, /wo(o), /no, /e, /ni, /de, /ga, dan mungkin masih ada yang lainnya lagi yang sering kita jumpai dalam bahasa Jepang. Untuk partikel /wa, /wo(o), /no, /e, /ni, /de, /ga, ini memiliki fungsi dan arti yang berbeda-beda pula sesuai dengan situasi, kondisi dalam penggunaannya, bahkan satu partikel bisa mempunya fungsi/arti lebih dari satu. Oleh karena itu kita harus lebih memahami arti/maksud dalam sebuah kalimat agar kita tidak salah menggunakan partikel tersebut didalam sebuah kalimat. Mungkin buat yang baru belajar ini terasa sulit dan membingungkan, tetapi bukan tidak bisa dong, sering-seringlah belajar dan latihan, mudah-mudahan anda akan bisa.
 Baiklah lansung saja kita lihat yuk beberapa partikel diatas sesuai dengan fungsi, arti, dan beserta contohnya.

Partikel Dalam Bahasa Jepang

1. Partikel /wa
 Partikel /wa memiliki arti adalah, tetapi partikel /wa juga bisa tidak memiliki arti apapun melainkan hanya berfungsi sebagai pelengkap saja dalam sebuah kalimat, contoh:
  • わたし は たなか です/ watashi wa tanaka desu = saya adalah tanaka. Pada kalimat ini partikel /wa memiliki arti adalah, dimana arti dari masing-masing kata tersebut わたし/watashi = saya, /wa = adalah, たなか/tanaka = tanaka/nama, dan です/desu adalah bentuk kata sopan dalam sebuah kaliamat, Maka kalimat diatas bisa diartikan dengan saya adalah tanaka.
  • たなか さん は びょういん へ いきます/ tanaka san wa byōin e ikimasu = saudara tanaka pergi kerumah sakit, dimana arti dari masing-masing kata tersebut たなか/tanaka = tanaka/nama, さん/san = saudara, /wa tidak memiliki arti hanya sebagai pelengkap saja, mengapa tidak memiliki arti? Karena jika partikel /wa ini kita artikan adalah (saudara tanaka adalah pergi kerumah sakit), maka arti dari kaliamat tersebut akan terasa janggal/kurang tepat, oleh karena itu partikel disini digunakan sebagai pelengkap saja.

2. Partikel /wo(o)
 Partikel /wo(o) berfungsi sebagai penggabung/penghubung antara kata benda dengan kata kerja dalam sebuah kalimat. Apa itu kata benda dan kata kerja? Silakan anda lihat di postingan sebelumnya. Contoh dari partikel /wo(o) sebagai berikut:
  • わたし は パン を たべます/ watashi wa pan o tabemasu = saya makan roti, dimana パン/ pan adalah kata benda dan たべます /tabemasu adalah kata kerja.
  • たなか さん は ほん を かいます/ tanaka san wa hon o kaimasu = saudara tanaka membeli buku, dimana ほん/hon adalah kata benda dan かいます/ kaimasu adalah kata kerja.
  • Catatan: cara untuk menggabungkan kata benda dengan kata kerja yaitu, tulis terlebih dahulu kata benda + partikel/wo(o)  + kata kerja.

3. Partikel /no
 Partikel /no berfungsi untuk menyatakan kepemilikan, contoh:
  • この ほん は わたし の ほん です/ kono hon wa watashi no hon desu = buku ini adalah buku milik saya.
  • その えんぴつ は たなか さん の えんぴつ です/ sono enpitsu wa tanaka san no enpitsu desu = pensil itu adalah pensil milik saudara tanaka.

4. Partikel /e
 Partikel /e berfungsi atau digunakan pada kalimat yang didalamnya terdapat kata いきます/ ikimasu = pergi, かえります/ kaerimasu = pulang, dan きます/ kimasu = datang, contoh:
  • わたし は びょういん へ いきます/ watashi wa byōin e ikimasu = saya pergi kerumah sakit.
  • たなか さん は うち へ かえります/ tanaka san wa uchi e kaerimasu = saudara tanaka pulang kerumah.
  • すずき さん は じむしょ へ きます/ suzuki san wa jimusho e kimasu = saudara suzuki datang kekantor.
Selain Partikel /e, partikel /ni juga bisa digunakan pada kalimat yang didalamnya terdapat kata いきます/ ikimasu = pergi, かえります/ kaerimasu = pulang, dan きます/ kimasu = datang.

 Sekian dulu iya postingan kali ini, untuk patikel /ni, /de, /ga yang belum sempat saya tuliskan akan segera saya postingkan kembali, hanya saja pada kesempatan atau dilain waktu. Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk kita semua, dan bila ada kesalahan atau pun kekurangan pada postingan/blog ini saya mohon maaf, salam blogger :-) .

No comments:

Post a Comment